Misteri Surga, Neraka dan Isra Mi'raj


Toko Busana Anak Murah

Misteri Surga, Neraka dan Isra Mi'raj, ShareBBM
Saat Rasulullah SAW melakukan Isra Mi’raj, beliau diperlihatkan surga dan neraka, siapa saja penghuninya, alasan mereka diberi imbalan nikmat sorga dan siksa api neraka, serta perbuatan apa yang telah mereka lakukan. Padahal kita tahu manusia terdahulu saat ini masih berada di alam barzah, karena kiamat belum tiba. Jadi mereka yang berada di surga dan neraka yang diperlihatkan ketika Rasulullah Isra Mi’raj itu siapa? 

Jika yang diperlihatkan itu adalah gambaran masa depan setelah kiamat, apakah berarti sudah tertulis dari lahir, si A masuk surga dan si B masuk neraka? Saya juga pernah mendengar salah satu teori bahwa Buraq itu adalah simbol dari mesin waktu ?

Jawaban dari Ahmad Sarwat, Lc., M.A, Isra Mi’raj adalah peristiwa penting dalam sejarah kenabian Muhammad SAW. Peristiwa itu terjadi untuk menghibur Rasulullah SAW yang sedang bersedih setelah dua orang terdekatnya meninggal dunia. ini memang penuh hal-hal yang 'tidak' masuk akal yaitu Rasulullah dapat menyaksikan surga dan neraka dengan amat jelas dalam perjalanan yang amat cepat itu (hanya satu malam).

1. Pemandangan surga dan neraka.

Kondisi surga dan neraka yang diperlihatkan kepada Rasulullah SAW adalah kondisi yang hakiki, Dalam beberapa hadis, Rasulullah mengisahkan pengalaman itu dengan kalimat Udhiltu al jannah (saya dimasukkan ke dalam surga) dan Bainama ana asiiru fil jannah (ketika saya berjalan di surga).

Tetapi pemandangan nikmat surga serta siksa neraka adalah ilustrasi atau gambaran nasib masa depan manusia di akhirat. Ini terlihat dari siksaan penghuni neraka — mereka disiksa karena tidak melaksanakan perintah-perintah agama. 

Meski hanya ilustrasi, bukan berarti surga dan neraka saat ini kosong tanpa penghuni. Sebab, selain pada peristiwa Isra’ Mi’raj, Nabi Muhammad SAW juga pernah diperlihatkan surga dan neraka pada kesempatan  lain dalam mimpi beliau

Dalam kesempatan itulah Rasulullah SAW melihat penduduk surga ataupun neraka bukan ilustrasi, namun  peristiwa yang benar-benar sedang terjadi dan misteri sorga, neraka pada perjalanan Isra dan Mi'raj ini makin jelas adanya.

2. Tempat manusia di surga atau di neraka memang sudah tertulis.

Ketentuan ini bisa dijumpai penjelasannya dalam banyak hadis sahih. Salah satunya:

'Tidaklah diciptakan satu jiwa, kecuali telah ditulis (terlebih dahulu) tempatnya di surga atau neraka, juga telah tertulis nasibnya akankah sengsara atau bahagia.' (H.R. Muslim)

Mungkin ada yang bertanya, kalau tempat kita sudah ditentukan, untuk apa kita beramal ? Toh tempat kembali kita sudah ditakdirkan ? Ini adalah pertanyaan wajar — sebagaimana pertanyaan para sahabat ketika diberitahu Rasul. 

Nabi pun menjawab, 'Beramallah, karena setiap orang akan dimudahkan untuk melakukan sesuatu yang untuknya ia diciptakan'.

Rasulullah SAW justru memerintahkan kita untuk beramal. Karena kita tidak pernah tahu untuk ke mana kita diciptakan, ke surga atau neraka ? Karena itulah kemudian beliau membaca ayat 5-10 dari surat Al Lail yang merupakan petunjuk agar  dimudahkan untuk ke surga. Juga petunjuk siapa yang akan dimudahkan menuju neraka.

3. Buraq bukanlah simbol mesin waktu.

Sedangkan pertanyaan terakhir apakah Buraq itu simbol mesin waktu ?, maka jawabannya adalah bukan. Kita tidak pernah mendapatkan satu keterangan pun baik dari Quran maupun sunnah yang mengatakan buraq adalah simbol mesin waktu. Kita juga belum mendapati para ulama syariah yang menjelaskan kisah Isra’ Mi’raj ini dengan mengaitkan Buraq dengan teori mesin waktu.

Mudah-mudahan misteri sorga, neraka dan Isra Mi'raj ini mampu memberi pencerahan bagi seluruh umat dan menjadikan kita semua lebih shalih dalam beribadah. Amien

Wallahua'lam
Ahmad Sarwat, Lc., M.A

Note gambar by Google

0 komentar:

Posting Komentar



Ads

Make money, get traffic for FREE. No limits to surf and earn!
Dapatkan uang dan traffic secara GRATIS tanpa batas

We pay you cash for surfing and for referring new members
Kami bayar Anda dengan uang tunai untuk Surfing dan untuk mereferensikan anggota baru

What makes EasyHits4U unique? Famous program with over 810,000 members
Apa yang membuat unik EasyHits4U? Program terkenal dengan lebih dari 810,000 anggota

Receive 100 FREE visitors to your site just after surfing 50 first pages
Dapatkan 100 GRATIS pengunjung ke situs Anda setelah Surfing 50 halaman pertama

Ads by Opini Indonesia

About me


Tanpa melihat sumber copi paste atau bukan, hanya berbagi ilmu dari BBM sebelum hilang ditelan waktu